Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Tuesday, September 15, 2009

PENCOBAAN, SIAPA TAKUT?

Situs Alternatif Download Khotbah
===============================================================

APA ITU PENCOBAAN?

Setelah semuanya itu, Allah mencoba Abraham. Ia berfirman kepadaNya: “Abraham,” lalu sahutnya: “Ambillah anakmu yang tunggal itu, yang engkau kasihi, yakni Ishak, pergilah ke tanah Moria dan persembahkanlah dia di sana sebagai korban bakaran pada salah satu gunung yang akan Ku-katakan kepadamu.”

(Kejadian 22: 1-2)

Bagaimana Anda menyikapi hal-hal buram yang menghampiri hidup Anda secara mendadak? Bagaimana Anda menerjemakan kenyataan pemutusan hubungan kerja atas diri Anda sementara Anda tidak memiliki sumber penghasilan lain dan kelangsungan hidup banyak orang bergantung pada diri Anda? Bagaimana tanggapan Anda bila saat pulang ke rumah Anda mendapati anak yang Anda kasihi sakit keras sementara tidak ada cukup uang untuk biaya pengobatan? Bagaimana pula bila Anda mengalami sakit berat sementara Anda adalah tumpuan keluarga? Anda kecewa berat? Marah? Apa yang akan Anda katakan? Sebagai orang beriman, bagaimana Anda memahami pemeliharaan Allah dalam realitas kepahitan dan kesulitan hidup?

Percaya kepada Tuhan bukan berarti terbebas dari segala bentuk penderitaan dan penyakit serta luka kemanusiaan lainnya. Alkitab sangat jelas sekali melukiskan betapa penderitaan itu sangat akrab dengan orang-orang yang dipilihNya. Hanya, yang menarik, digambarkan di sana bahwa mereka tetap tekun dan tegar menghadapi kepahitan hidup dan memenangkan percobaan-percobaan itu.

Persoalan muncul karena selama ini kita telah dicekoki dengan keyakinan bahwa mengikuti Kristus berarti lepas bebas dari segala bentuk penderitaan, penyakit dan luka kemanusiaan lainnya. Kita telah diyakinkan bahwa percaya kepada Kristus berarti memiliki kesuksesan dalam segala segi kehidupan, termasuk juga sukses secara materi.

Memang kesuksesan bisa saja kita dapatkan apabila kita mengikuti Kristus dengan setia. Tetapi apakah selalu sukses? Sabar dulu. Apakah selalu sehat? Itulah yang menjadi masalah. Bagaimanakah dengan nasib mereka yang miskin, apakah Tuhan tidak mengasihani mereka? Bagaimana bila kita menghadapi kesulitan, apakah Tuhan meninggalkan kita?

Positif dan negatif

Apakah itu percobaan? Apa kata Alkitab tentang percobaan? Dalam Perjanjian Lama yang berbahasa Ibrani, kata ‘percobaan’ dijelaskan berasal dari kata benda ‘massa’ atau kata kerja ‘masa’ atau ‘pakan’. Kata ‘massa’ berarti cobaan atau ujian. Sedangkan kata kerja ‘masa’ berarti mencoba atau menguji. Kata ‘pakan’ sendiri berarti menguji, melebur atau membersihkan logam. Dengan demikian dapat kita artikan bahwa percobaan merupakan suatu proses pencapaian nilai tertinggi dari logam yakni emas. Bila logam itu ternyata bukan emas, ia akan lebur dan habis. Hanya emas sebagai logam mulia yang tahan bakar, yang tahan uji. Dalam bahasa Yunani pencobaan berasal dari kata benda ‘persmon’ dan kata kerja ‘perason’. ‘Perason’ sama dengan kata pakan dalam bahasa Ibrani yaitu melebur, membersihkan atau menguji logam. baca selanjutnya...

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Arsip Blog

Konsultasi Teologi

VIDEO

Entri Populer