Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Monday, December 10, 2012

MISTERI NATAL

Situs Alternatif Download Khotbah
===============================================================

Tahun ini Gereja Reformasi Indonesia mengambil tema Misteri Natal. Sebagaimana yang telah menjadi warna gereja. Natal berjalan dalam sebuah rangkaian seri khotbah yang kita sebuah rally natal (total empat khotbah dari pra hingga Natal). Betapa natal memang adalah misteri akan sangat terasa jika kita dengan setia mengikuti tiap ulasan yang ada, dari minggu lepas minggu. Hal yang sama juga gereja lakukan tiap kali menuju Jumat Agung, selalu ada khotbah seri (total tujuh, dari pra hingga Jumat Agung). Semua khotbah seri diharapkan menolong jemaat memiliki wawasan luas tentang kebenaran Firman Tuhan yang seutuhnya. Kita tak boleh hanya menyukai sebagian, sesuai dengan selera. Firman Tuhan bukanlah menu pilihan, yang bisa kita pilih berbeda, sesuai selera. Firman Tuhan adalah kebenaran yang berotoritas penuh dalam kehidupan orang percaya, yang suka, atau tidak, kita harus mentaatinya jika ingin memiliki kehidupan. 

Misteri Natal, sebagai tema tahun ini mengajak kita untuk melihat berbagai kisah, seperti Adam ditaman Eden. Lihatlah peristiwa Eden dan Betlehem, maka kita akan tersentak. Dalam hal ini Misteri Natal adalah perjalanan panjang dari taman Eden menuju kota kecil Betlehem. Sebuah kisah yang menyadarkan be-tapa bodohnya kita sebagai manusia, dan betapa besarnya kasih karunia Allah yang rela mengabaikan keberdosaan kita, lewat penebusan dosa. Untuk itulah Dia datang kedalam dunia, menjadi sama dengan manusia. Ini adalah seri natal yang pertama dari Misteri Natal. 

Lalu seri berikutnya, kita juga diajak untuk menelu-suri perjalanan hidup Yakub sipenipu. Namun Allah justru memilihnya menjadi Israel, bangsa pilihan. Allah memilih Yakub dan bukan Esau sebagai wujud kedaulatan Nya. Dari sini kita menelusuri sejarah perjalanan Yakub, Yehuda anaknya, hingga Daud, dan terakhir Yesus Kristus yang bergelar Anak Daud. Kedaulatan Allah dalam memilih menjadi misteri yang tidak pernah bisa dipahami sepenuhnya. Dalam kedaulatan Nya Dia memilih, namun saat bersamaan Dia juga rela ambil bagian sepenuhnya. Artinya, Dia bukan Tuhan yang semena-mena dengan kedaulatan Nya, tetapi juga terlibat didalam NYa. Betapa hebat-nya, dan itulah misterinya.

Sementara Salomo, raja bijaksana yang pernah ada, menjadi kisah tersendiri menuju Natal. Salomo adalah adalah anak Daud, yang dicinta tetapi juga dibenci rakyatnya. Dia dicinta karena memiliki ilmu yang amat sangat tinggi, tetapi dibenci karena hidup berbiaya tinggi, dan membuat sebagian rakyat kesulitan dalam ekonomi karena gaya dan biaya hidup raja dengan seribu istri dan gundiknya. Tuhan murka dan merobek kerajaan Salomo. Namun saat yang bersamaan Tuhan juga memelihara janji Nya, men-jaga Yehuda sebagai kerajaan yang beribukota Yerusalem. Tak kurang dari sepuluh suku menjadi kerajaan diutara dengan nama Israel. Tapi sesuai janji Allah, kerajaan Salomo akan tetap selamanya, itu terwujud dalam diri Yesus Kristus bayi Natal, Raja sejati dan Kerajaan abadi.

Penuh misteri, ya Natal memang penuh misteri jika kita dengan teliti menggali kebenaran Alkitab. Sungguh tidak terpuji jika kita malas membaca Alkitab. Apalagi jika memilih khotbah yang hanya cocok de-ngan telinga. Sebagai murid Yesus yang benar, kita harus belajar Alkitab dengan serius dan memilih khotbah yang berbobot ajaran benar, yang sesuai dengan kebenaran Alkitab. Apakah telinga akan meme-rah, itu justru berita sukacita, karena ada koreksi terhadap diri. Jangan sampai kita kehilangan makna natal karena jebakan rutinitas. Selamat bernatal dalam keutuhan pemahaman sejati. Semoga anda menyimak dan mengerti misteri natal. Misteri yang tetap misterius, namun terimani oleh belas kasihan Allah sebagai hadiah natal bagi orang

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Arsip Blog

Konsultasi Teologi

VIDEO

Entri Populer