Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Sunday, July 12, 2009

Bagaimana Kedatangan Yesus Kedua Kali?

Situs Alternatif Download Khotbah
===============================================================

Bapak Pengasuh yang terkasih, Saya ingin bertanya tentang kalimat: “Datang kembali dengan cara yang sama”. Dalam Kisah Para Rasul 1: 11 1) Apakah ini menunjukkan hanya berlaku untuk murid-murid atau orang Kristen di Galilea saja, atau untuk semua anak-anak Tuhan/Kristen di dunia termasuk kita di Indonesia? 2) Sebab ada hamba Tuhan yang mengaku mendapatkan rhema/petunjuk langsung dari Tuhan (dalam doa bersama kira-kira 12 orang), berkata, “Hanya ada satu orang si Mawar (nama samaran) yang mendapatkan kesempatan menyaksikan kedatangan-Nya seperti waktu kenaikan-Nya”.

Mendengar ini, semua yang hadir di antara yang 11 menjadi resah/bingung. Sayangnya tidak ada yang berani bertanya ke hamba Tuhan tersebut. 3) Mereka bertanya satu sama lainnya, “Apa sih istimewanya si Mawar sedangkan kita tahu iman Mawar tidak jauh dari kita-kita ini?” 4) Apakah Kisah 1: 11, ini berbicara mengenai akhir jaman? Apakah sama dengan kiamat besar dan kiamat kecil pada Islam?

Pdt. Paulus Harto S

Jl. Krakatau, Solo

Jawa Tengah

REKAN sepelayanan yang terkasih, pertanyaan yang Anda ajukan atas fenomena yang ada sangatlah penting sebagai pengetahuan dan pembelajaran bagi umat Kristen. Sebelum menja-wab pertanyaan Anda satu per satu, kita akan konsentrasi dulu pada maksud Kisah 1: 11. Perikop ini berkisah tentang kenaikan Ye-sus Kristus ke surga (Kisah 1: 6-11). Dilatarbelakangi pertanyaan para murid, apakah Yesus mau me-mulihkan kerajaan Israel di masa ini (ay.6). Sebuah pertanyaan yang merindukan kemakmuran dan keja-yaan Israel (lahiriah). Namun jawa-ban Yesus sangat jelas, bahwa uru-san pemulihan Israel (Yesus mem-beri makna rohani, bukan lahiriah), adalah kedaulatan Allah dan me-reka tidak perlu mengetahuinya. Pemulihan itu nanti, yaitu pada kedatangan Yesus yang kedua kali, yang waktunya tidak diketahui siapa pun (band. Matius 25: 13).

ang penting bagi murid-murid adalah menjadi saksi Yesus Kristus di mana pun mereka berada, dan kapan pun diperlukan. Sebagai sak-si Yesus Kristus maka mereka akan dilengkapi oleh kuasa Roh Kudus, bukan kekuatan diri sendiri (ay 8). Dan, menjadi saksi adalah panggilan bagi setiap orang percaya, dalam sepanjang jaman. Orang percaya di seluruh dunia dipanggil untuk memberitakan Injil Yesus Kristus (band. Matius 28: 19-20). Inilah yang terpenting dan menjadi urat nadi seorang yang beriman ke-pada Yesus Kristus. Setelah me-ngatakan apa yang akan terjadi, dan apa yang menjadi panggilan bagi murid-murid yaitu memberita-kan Injil, maka Yesus terangkat dan awan menutupinya. Tentu saja itu menciptakan kekaguman bagi murid-murid, mereka terpana menatap ke atas. Lalu tiba-tiba berdirilah dua orang malaikat Tu-han dan berpesan, “Hai orang Gali-lea mengapa kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terang-kat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga”.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Arsip Blog

Konsultasi Teologi

VIDEO

Entri Populer