Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Sunday, July 12, 2009

Karena Percaya pada Yesus Kristus-lah Kita Selamat

Situs Alternatif Download Khotbah
===============================================================

Pak Pendeta yth.
Laporan Utama REFORMATA tentang Islam Hanif (edisi Agustus 2005), menurut saya sangat menambah pengetahuan tentang apa yang sedang terjadi di sekitar kita sebagai orang yang beriman teguh, bahwa keselamatan itu hanya karena anugerah Kristus Tuhan kita. Namun pada dimensi yang lain, saya justru menjadi sangat khawatir atas pemuatan topik-topik semacam Islam Hanif yang bertentangan dengan iman Kristen yang kita imani. Mohon tanggapan Pdt.Bigman Sirait.

Paul R Rompas Rawasari, Jakarta Pusat
paul rompas <
paulrompas_2003@yahoo.com>

------------------------------------------------------------

Terimakasih, untuk tanggapan sekaligus pertanyaan Anda sebagai pembaca kritis REFORMATA. Memang, interaksi seperti ini sangat kita harapkan dalam konteks pembelajaran bersama. Surat Anda kami muat di kontak pembaca (Surat Pembaca Red). Sedangkan pertanyaannya, kami jawab di ruang Konsultasi Teologi ini, sebagai berikut:
Dalam memahami Alkitab, kita harus menyadari bahwa yang namanya multi-tafsir itu tidak terhindarkan. Beda pendeta, beda pendapat, tapi semua berkata bahwa, Ini kata Alkitab . Untuk itu, tentu saja kita harus memer-hatikan konteks dan kesinam-bungan dari keseluruhan Alkitab.

Menurut Pdt.Robert Walean (tentang Islam hanif), dia hanya mengatakan apa yang dikatakan Alkitab . Tetapi, apakah memang begitu, tentu perlu diuji. Pen-dekatan historikal dan teologis, sudah disampaikan oleh para nara sumber (ahli Perjanjian Lama) untuk menanggapi tulisan ter-sebut. Sekarang, saya akan coba melengkapi dari sisi lain.

Pdt.Robert Walean menga-takan bahwa pendapatnya itu adalah kata Alkitab . Tetapi saya melihat bahwa itu hanya mengacu pada satu bagian Alkitab saja. Dia memang menyebut di banyak bagian Alkitab, tetapi sayang, tidak jelas bagian yang mana. Yang pasti adalah bahwa Alkitab tidak pernah berbicara secara lepas dengan mengatakan bahwa bangsa Israel akan selamat semua (masuk surga). Lihat kasus perjalanan umat Israel dari Mesir menuju tanah perjanjian, banyak yang dibinasakan oleh murka Tuhan (I Kor 10:8-10, Bil 25:1-9, Kel 17:2, Kel 32, Bil16:41).

Jadi, bukan karena kebangsaan-nya seseorang diselamatkan, melainkan kebenaran (menaati ketetapan Tuhan). Memang dikatakan ada sedikit Islam Hanif yang serius (tetapi tidak jelas kelompok mana dan ukurannya apa). Dalam konteks kebangsaan, tidak ada bangsa lain yang menjadi bangsa pilihan, kecuali Israel (Keluaran).

Jadi, sangat sulit memahami bani Nebayot dan Kedar disela-matkan karena ke-banian-nya (tafsir yang dipaksakan). Dan, kalaupun itu diyakini sebagai kata Alkitab, maka menurut saya, Niniwe lebih berhak dibicarakan dalam satu kitab, bukan ayat (Kitab Yunus). Hanya saja, Niniwe memang tidak memiliki daya tarik dalam konteks keagamaan di Indonesia (kurang seru untuk diangkat).

Kemudian secara progresif, Alkitab (Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru) membawa kita melihat keselamatan itu diberikan kepada setiap bangsa. Kesela-matan karena percaya (bukan karena Nebayot atau Kedar), yaitu yang percaya kepada Yesus Kristus entah Nebayot, Kedar, atau bangsa apa pun (Yoh 14:6, Kis 4:12, dll dan ini, kata Alkitab). read more »

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Arsip Blog

Konsultasi Teologi

VIDEO

Entri Populer