Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Saturday, February 2, 2013

DIA BANGKIT

Situs Alternatif Download Khotbah
===============================================================

Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu (1 Korintus 15:14). Apa yang dikatakan oleh rasul Paulus dalam suratnya ke jemaat Korintus sangatlah jelas, bahwa Kristus Yesus adalah pusat pemberitaan injil. Mengawali pasal ini, Paulus berkata, sebab yang paling penting telah kusampaikan kepadamu, bahwa Yesus Kristus telah mati dan bangkit, dan menampakkan diri Nya dalam berbagai kesempatan kepada murid-murid Nya dan banyak orang lain. 

Dan, Paulus juga telah melihat Dia sebagai yang terakhir, sekaligus menjadi panggilan ke rasulan nya. Paskah mengingatkan kita sebagai orang percaya apa yang menjadi yang terpenting dalam injil. Bukan soal harta benda, atau mujijat lahiriah, bukan juga organisasi yang besar, melainkan soal pemaknaan akan mati dan bangkitnya Tuhan Yesus. Dia telah mati, Dia terhukum, sebagai ganti kita orang berdosa yang seharusnya mati dihukum dalam murka Allah. Manusia telah berdosa kepada Allah yang suci. Murka Allah menuntut kematian sebagai realisasi ketetapan Nya, sebagaimana dinyatakan dalam kitab Kejadian 2:17. Ada banyak kesalahan umat, bahkan pengkhotbah, ketika mengatakan; manusia telah ditebus dari kuasa iblis. Manusia ditebus dari kuasa murka Allah, bukan iblis. Dan iblis, dengan jelas dikatakan sudak dibuang ketempat yang terdalam, tak berkuasa. Dan sudah jelas tak pernah mampu sebanding dengan Allah, atau Yesus Kristus, Tuhan yang berinkarnasi. 

Yesus Kristus bangkit, menjadi pesan kemenangan yang sangat kuat. Tak lagi ada maut yang perlu ditakutkan, karena kematian hanyalah sebuah perpindahan kehidupan. Ya, perpindahan dari kesementaraan kepada kekekalan. Kebangkitan telah memberi kepastian kemenangan. Dan, ini berarti kehidupan orang percaya tidak lagi berada dibawah bayang ketakutan atas apapun. Orang percaya adalah orang yang merdeka dari berbagai hal dikehidupan ini. Merdeka, bukan berarti tanpa masalah, tanpa sakit, tanpa kesedihan, tetapi merdeka yang berarti, bisa, dan kuat, menanggung semua warna warni kesusahan kehidupan yang sementara ini. Karena paskah mengingatkan, bahwa sebagai orang percaya kita bukan pecundang, tetapi sebaliknya pemenang. Karena itu, menjadi sangat penting untuk mengevaluasi diri apakah kita sudah ada dijalur yang benar? Hidup dengan semangat paskah dan menyemangati orang disekitar kita. Gereja tak boleh terjebak pada berbagai fenomena mujijat belaka. Berharap hidup diwarnai dengan pengabulan doa, sehingga sakit menjadi sembuh, miskin segera kaya. Jangan lupa, injil bukan itu!

 Tetapi kematian Kristus yang berarti, kuat menanggung sakit, dan kuat dalam sakit menjalani hidup benar ditengah dunia yang tidak benar ini. Juga kebangkitan Kristus yang membuat kita mampu bersukacita didalam kesakitan, maupun kemiskinan. Janda miskin di Alkitab mencengangkan kita, betapa hidupnya dipenuhi dengan semangat paskah yang hebat. Memberi dalam kekurangan. Padahal ketika itu Yesus Kristus belum disalibkan, mati dan bangkit. Lihat juga Paulus sebagi rasul, yang tetap bersyukur sekalipun ada duri yang sangat menyakitkan dirinya. Dalam kelemahan aku justru merasakan kekuatan, katanya. Semangat paskah yang menyala luar biasa. Adakah api semangat paskah itu ditemukan diantara manusia masa kini? Manusia yang hidup sangat berorientasi pada diri, dan yang terus menerus mencari mujijat sebagai jalan pintas lepas dari kesulitan hidup. 

Menyebut itu sebagai kekuatan iman, padahal iman yang sejati adalah kekuatan menerima setiap ketetapan Tuhan, dan bukan meminta Tuhan memenuhi seluruh keinginan diri. Bukankah Yesus Kristus telah mengajar orang percaya berdoa, supaya bukan kehendak kita, tapi kehendak Tuhanlah yang jadi. Disinilah terpancar jelas api paskah yang penuh kemenangan dan kepastian. Akhirnya selamat Paskah, selamat menemukan diri yang semestinya, dan tak sekedar ada dalah suasana paskah, tanpa memiliki kuasanya, kuasa kebangkitan.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Arsip Blog

Konsultasi Teologi

VIDEO

Entri Populer