Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Monday, February 11, 2013

TURUN DAN NAIK

Situs Alternatif Download Khotbah
===============================================================

Judul ini mengacu pada apa yang diucapkan rasul Paulus tentang kehidupan seorang Kristen. Dalam 2 Korintus 4:16, Paulus berkata; sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia bathiniah kami dibaharui dari sehari kesehari. Sebuah fakta kehidupan yang sangat menarik. Bahwa manusia lahiriah menurun, adalah fakta tak terbantah dan tak terhindar. Bagaimanapun setiap orang akan semakin menua dalam usia, dan menurun kualitas hidupnya. Ini kasat mata. 

 Dan, karena kasat mata pula maka tubuh lahiriah menyedot perhatian yang banyak. Tubuh ini menuntut berbagai pelayanan ekstra. Dari suplemen hinggan vitamin dikonsumsi silih berganti. Belum lagi olah raga, dari yang tradisional seperti berlari hingga modern seperti fitness dan golf. Dari yang gratis hingga berbiaya tinggi. Olahraga bahkan menjadi life style dan gengsi tersendiri. Belum lagi kaum hawa yang sibuk dengan berbagai paket dan model pemeliharaan tubuh agar menjadi langsing dan menarik. Ya, pemeliharaan tubuh yang menghabiskan biaya yang tak terbatas. Dari yang sepele seperti membersihkan kuku, hingga sedot lemak. Belum lagi operasi plastik untuk mencari bentuk yang wah. Mengencangkan kulit hingga merubah anggota tubuh. Yang pasti, manusia masa kini sangat berkonsentrasi terhadap tubuh lahiriah dan rela mengeluarkan biaya tinggi. Ironisnya, disaat manusia modern sibuk dengan usaha memenuhi tuntutan gaya hidupnya, terjadi pengabaian terhadap kebutuhan manusia bathiniah. Kebutuhan seperti ibadah menjadi prioritas terendah.

  Kehidupan doa dan displin rohani lainnya, kalah dengan tekad membaja demi tubuh yang seksi. Beribadah seringkali ditunda dengan alasan tak ada waktu, atau kesibukan kantor yang lagi tinggi. Padahal dikesibukan kantor yang tinggi seringkali disulap acara kenikmatan tubuh. Sementara untuk ibadah peluang yang ada malah sengaja ditutup dengan seribu dalih. Itu ibadah dimana umat menjadi peserta. Apalagi jika dituntut menjadi pelaku, pasti akan menjadi semakin sulit lagi. Orang Kristen tak berminat menjadi pelayan, apalagi pelayan yang berani bayar harga. Bayar harga mengurus tubuh lahiriah semua siap, tapi tubuh bathiniah mendadak tak bisa. Realita ini menggugat kita semua, sejauh mana sesungguhnya kita siap dan layak disebut sebagai pelayan Tuhan. Tubuh lahiriah memang tak boleh diabaikan perawatannya, namun tidak berarti dimanjakan sehingga menjadi super ekstra. Sebaliknya tubuh bathiniah justru lebih penting lagi untuk diurus karena berkaitan langsung dengan kekekalan hidup. 

  Bukankah kedekatan kita dalam persekutuan dengan Tuhan akan memberi ketenangan hidup. Membangun kepastian iman sehingga semakin kuat bertahan ditengah badai hidup. Awas, kondisi tubuh lahiriah bisa jadi bumerang, dan sangat rentan pada serangan bathin jika tubuh sakit misalnya. Sebaliknya, jika tubuh bathiniah kita kuat, maka kesakitan tubuh pun dapat kita tanggung tanpa kehilangan kesukacitaan. Jelas sekali perbedaan kualitas yang ada, itulah kekayaan manusia bathiniah. Tubuh lahiriah akan merosot, itu sudah pasti, tapi jangan sampai tubuh bathiniah kita mengikutinya. Karena jika itu yang terjadi betapa berbahayanya masa depan kita, bukan hanya didunia ini tapi juga sesudahnya. Karena itu sudah seharusnya kita bijak membekali manusia bathiniah kita dengan belajar terus menerus menyangkali diri, dan tak terjebak bujuk rayu gaya hidup dunia. Belajar menikmati salib Kristus sehingga semakin memuaskan manusia bathiniah kita yang terikat erat dalam persekutuan dengan DIA. 

  Karena itu perhatikanlah kebugaran manusia bathiniah kita, bukan hanya manusia lahiriah. Jika kita jujur pada diri, cobalah tanya mana yang lebih kita perhatikan dan pelihara selama ini? Semoga kita belajar dari rasul Paulus betapa kemerosotan manusia lahiriah menjadi biasa, tetapi pembaharuan manusia bathiniah harus nyata. Semoga kita juga mengalaminya. Ato kita hanya penonton belaka? 


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Arsip Blog

Konsultasi Teologi

VIDEO

Entri Populer