Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Sunday, July 12, 2009

Kenapa Orang Meninggalkan Tuhan?

Situs Alternatif Download Khotbah
===============================================================

Bapak Pengasuh saya hormati.

Sekarang ini, begitu mudah orang meninggalkan Tuhan. Apakah ini kesalahan orang tua yang kurang mendidik anak, tidak menjadi teladan? Atau kesalahan orang Kristen yang tidak peduli terhadap saudaranya, atau gereja yang kurang mengantisipasi dan memproteksi jemaat dengan pengajaran yang sungguh-sungguh?

Kritos, Jakarta

Baiklah. Saudara Kristos, soal mudahnya seseorang meninggal-kan Tuhan, ada banyak kemung-kinan penyebabnya. Kita akan coba menelusurinya dari berbagai aspek, baik teologis maupun praksis.
Dari perspektif teologis, gam-barannya sangat jelas. Seseorang yang tidak terikat sungguh-sung-guh kepada Kristus (tidak percaya dalam arti yang sebenarnya, hanya sekadar mengaku percaya), maka sudah pasti dalam perjalanan wak-tu, dia akan hilang dengan sendiri-nya.

Dalam Yohanes 17, ketika Yesus berdoa, Dia berkata semua yang percaya pada-Nya tidak ada yang binasa, kecuali dia (Yudas) yang memang tidak masuk dalam bilangan yang percaya. Jadi, Yudas memang tidak pernah sungguh-sungguh menjadi seorang murid, dan waktu telah membuktikan-nya. Jadi, jangan terbalik, seakan Yudas telah sungguh-sungguh menjadi murid, namun kemudian meninggalkan Yesus. Yudas, adalah ilalang di antara gandum, kambing di antara domba. Itulah lukisan teologisnya.

Sementara dari sudut praksis (perilaku yang tampak sebagai buah iman), dapat dibagi sebagai berikut:


0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Arsip Blog

Konsultasi Teologi

VIDEO

Entri Populer