Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Tuesday, January 19, 2010

Baptisan yang Membingungkan

Situs Alternatif Download Khotbah
===============================================================

baptisan-anak-240x180.jpg

Pdt. Bigman Sirait

Salam kasih dalam Kristus. Saya ingin konsultasi mengenai baptisan. Saya memang dilahirkan dari keluarga yang mengakui Kristus sebagai Tuhan namun pengenalan akan pribadi-Nya secara sungguh-sungguh tidak pernah saya alami, hingga 2006 melalui retreat, saya mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus Kristus. Sejak saat itu saya benar-benar bisa mengalami hidup bersama-Nya. Masalah saya saat ini adalah, saya pernah melakukan baptisan selam sebelum 2006. Saya bingung karena ada yang menyarankan saya baptis ulang, ada juga yang tidak. Apa yang harus saya lakukan, karena saya benar-benar cinta dengan Yesus Kristus dan mau selalu ikuti kehendak-Nya.
Meirta Intan P
intan_p79@hotmail.com
Yogyakarta

Reformata.com - MEIRTA yang dikasihi Tuhan, soal baptisan, selam atau percik, dewasa atau anak-anak, memang seringkali menim-bulkan perdebatan yang sesung-guhnya tidak perlu. Karena semua perdebatan lebih berwarna tafsir denominasi ketimbang pesan Alki-tab itu sendiri. Mari kita coba pa-hami pesan Alkitab tentang bapti-san. Apakah ini sejak Perjanjian Lama (PL) atau baru di Perjanjian Baru (PB). Kita mulai dengan surat Paulus yang sangat jelas dalam Kolose 2:11-12, yang menghu-bungkan sekaligus mempararel antara sunat dalam PL dengan baptisan dalam PB.
Dalam ayat 11 Paulus menyebut sunat yang benar bukan sekadar sunat yang dilakukan manusia melainkan Kristus. Di sini jelas sekali Yesus Kristus (PB), dihubungkan dengan sunat (PL), yaitu ritual sunat yang mencucurkan darah sebagai lambang perjanjian antara manusia yang percaya dengan Allah. Ini dengan jelas dapat kita baca dalam Kejadian 17. Seluruh anak laki-laki yang ada di rumah Abraham disunat, mulai dari Abra-ham (99 tahun), Ismael (13 tahun), dan semua orang yang ada di rumah Abraham, apakah itu ke-luarga atau pembantu. Ini menjadi tanda keterikatan perjanjian Abra-ham dengan Allah, dan semua orang yang ada di rumahnya juga mendapat berkat perjanjian karena Abraham.baca selengkapnya,...

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Konsultasi Teologi

VIDEO

Entri Populer